Thursday, March 17, 2016

Sekilas Skin Care - Cleansing Routine


Assalamualaikum
Have a good day everyone!


Akhir-akhir ini saya lagi concern dengan masalah kulit muka, kalau kalian ada baca postingan sebelumnya tentang acne prone skin, itu lah permasalahan belakangan ini. Namanya juga wanita, pasti sangat peduli dengan penampilan, bukan untuk dilihat orang, tapi untuk kebersihan dan kesehatan bahkan mood diri sendiri, serta merawat apa yang sudah dititipkan oleh Allah kepada kita. 

Selain perawatan dari dalam seperti makan makanan sehat, konsumsi buah dan sayur serta minum air putih yang sangat susah saya terapkan dengan rutin, saya cenderung lebih sering melakukan pengaplikasian produk dari luar. Tipikal orang yang mudah kemakan iklan yang begini nih -__-. Saya masih belum bisa tobat juga dari coba-coba produk, untungnya kalo ga cocok bisa cepet teratasi. 

Pembersihan wajah, itu penting banget mencegah dari problematika kulit masa kini. Rutinitas membersihkan wajah jadi agenda wajib untuk merawat kulit, terutama jika kondisi lingkungan saling support nimbulin debu, polusi dan kotoran kemudian nempel deh di wajah yang keringetan dan pori-pori yang kebuka karena udara panas.

Biasanya setelah beraktivitas, setelah menggunakan makeup sehabis acara dan jalan-jalan, juga sebelum tidur, saya menggunakan produk perawatan wajah yang gampang ditemukan di pasaran. Rutinitas pembersihan wajah kalau sebelumnya saya pakai lipstik atau eye make up diawali dengan eye&lip remover.

Saya punya dua! :p yang pertama dari Maybelline Makeup Remover Eye & Lip yang gampang didapetin di cabang minimarket terdekat, dan yang satu lagi dari Pixy Eye & Lip Makeup Remover yang susah banget didapat di Pontianak apalagi di minimarket, kebetulan beberapa minggu lalu baru lihat produknya di supermarket, kemungkinan udah lama habis stock dan baru masuk gitu kesini (sok tau banget). Dua-duanya berfungsi sama kok, menghapus waterproof product, sama-sama light di wajah terutama area mata dan bibir yang sensitif, ada oil nya tapi gak meninggalkan kesan terlalu oily, tidak perih yang paling penting, wanginya juga ringan, pokoknya top deh buat ngangkat makeup. Ada juga nih satu lagi makeup remover dari Zoya, kalau kalian pernah lihat kemasannya seperti ini
tokopedia.com
ini juga bagus banget menurut aku untuk meghapus seluruh makeup, mata, bibir, dan wajah. Kalau pengen yang complete, bisa nih punya produk dari Zoya ini. 
Setelah hapus makeup waterproof, saya lanjutkan dengan cleansing milk/water, tergantung mood, kalau cleansing milk saya menggunakan Viva Milk Cleanser bengkoang, kekurangannya menggunakan milk cleanser ini adalah terkadang timbul sensasi perih, mungkin ada luka-luka gak kelihatan di wajah :( 
klikindomaret.com
kemudian saya juga menggunakan Wardah purifying cleanser, yang ini agak sedikit ringan, tapi kemasannya agak ngerepotin dan penyimpanannya jadi saya balik botolnya, karena kalau diberdirikan secara normal, niscaya bakal susah ngeluarin produknya.
Bukalapak.com

Setelah penggunaan milk cleanser, angkat sisa-sisanya menggunakan toner yang dituangkan dikapas dan usap wajah sampai sisa cleansernya bersih. Lanjutkan lagi dengan menggunakan facial wash andalan. 

Setelah wajah dibersihkan dengan facial wash, biarkan setengah kering atau tap dengan handuk bersih/tisu. Kemudian aplikasikan lagi toner. Dulu saya gak kenal itu yang namanya toner, langsung aja pake pelembab dan seterusnya. Toner itu bahasa gampang nya adalah penyegar. Jadi bisa terbayang kalau wajah kita itu perlu yang segar-segar sebelum ditemplok sama produk lain, polusi, debu, dan sinar UV, dan juga pada malam hari untuk mencegah dehidrasi kulit. 

credits from google
Fungsi dari toner adalah:

1. Menenangkan dan mempersiapkan wajah sebelum diberi pelembab atau rangkaian produk selanjutnya
2. Melembabkan kulit secara ekstra, bukan membuatnya berminyak, tapi melembabkan (beda banget)
3. Mengangkat sisa kotoran atau residu cleanser yang masih menempel dikulit, biasanya setelah cuci muka pun belum tentu wajah terbilas seutuhnya, butuh toner untuk make sure sisa kotoran dan cleanser terangkat
4. Menyeimbangkan PH wajah, jika tidak dipakai secara berlebihan 
5. Meminimalkan ukuran pori-pori wajah, karena beberapa toner berfungsi sebagai pore tightening
6. Bisa juga meminimalisir komedo dan jerawat kecil-kecil di wajah

Ada banyak sekali jenis toner, dan kalian bisa pilih sesuai kebutuhan,  hydrating function mau pun exfoliate, ada juga yang mengandung alkohol untuk kulit berminyak dan yang tidak mengandung alkohol. Range harga dimulai dari harga dibawah 10 ribu sampai 1 jutaan pun ada. Tergantung kebutuhan dan kemampuan masing-masing ya, jangan memaksakan diri membeli yang diluar budget, meski produk mahal rata-rata berkualitas, tapi banyak juga kok produk lokal yang ramah dikantong dan kualitasnya bagus. Kelebihannya produk lokal sudah pasti diformulasikan sesuai dengan berbagai kondisi kulit orang Indonesia.


Tiga toner di atas adalah yang saya pakai saat ini. Kenapa tiga? sebenarnya Pixy Cleansing Express Brightening itu adalah pembersih (cleansing water) sekaligus toner, jadi akhir-akhir ini saya lebih prefer menggunakan cleansing water instead of cleansing milk, dengan alasan lebih praktis aja. Jadi pembersih Pixy ini dual function yaitu cleanser dan toner (pembersih dan penyegar). Kalau tidak sedang butuh cleanser, saya hanya akan memakai dua toner di kanan kiri tersebut. Natural White Facial toner dari Zoya ini jujur aja saya kurang suka sama wanginya, terlalu menyengat, tapi karena kandungannya non alkohol saya tetep pakai kadang-kadang. Kemudian andalan selanjutnya produk sejuta umat indonesia yaitu Viva Face tonic bengkoang yang harganya dibawah 10 ribu (cinta banget), dan fungsinya sebagai toner cukup oke meskipun ga ada kelebihan spesial sih, selain variannya yang banyak. Saya udah pernah coba hampir semua dan yang favorit selain bengkoang adalah yang green tea dan air mawar, beuh sedap. 

Setelah toning wajah, last treatment kalau lagi ada jerawat membandel senjata saya adalah dua ini

Sariayu Lotion Jerawat, untuk acne spot treatment ini cukup oke. Jauh lebih oke dari tea tree oil TBS in my opinion. Sensasi dingin saat dipake dan cepat bikin jerawat kering. Waktu itu saya pernah mau kedatangan jerawat yang masih mendem di hidung dan sakit kalau kesentuh padahal belum nimbul keluar, kemudian dipakein ini, dan besoknya udah ga ada lagi dong, ntap! Kuasa Allah mengecilkan yang besar melalui obat ini. Pokoknya ini sekarang andalan untuk acne treatement.
Kemudian Himalaya Herbals Purifying Neem Mask, setelah direview mbak beauty blogger racunwarnawarni.com saya langsung cari ini, karena kebetulan perlu sejenis mask yang buat kulit jerawat. Ini teksturnya mirip mud mask gitu tapi warnanya hijau pekat, bau bau herbal gitu dan setelah pakai ini sensasi bersihnya terasa, kulit lebih fresh dan ngebantu banget untuk acne prone skin. Sometimes saya pakai dermatix atau bio oil untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah, well it takes time and patient to remove acne scars. 

Yang terpenting dalam menggunakan produk adalah konsistensi, mahal belum tentu cocok, murah belum tentu jelek. Invest for skin care boleh, sesuai kecocokan,kebutuhan dan kemampuan dan jangan berlebih-lebihan (reminder for myself as well). The best skin care is our wudhu and the bright of taqwa from within, let's take care of them.

Semoga menjadi manfaat, dan ambil yang baiknya aja ya :)
See you on the next post, Insyaallah 

No comments:

Post a Comment