Wednesday, March 2, 2016

Treat your Skin Right (Acne Prone)

Today I'll randomly post about my current skin condition, mengapa? karena pengen sharing saja bagaimana baik buruknya saya dalam men-treat wajah dan semoga bermanfaat bagi siapa pun yang membaca nya untuk diterapkan mau pun menjauhi yang tidak baik.
This post gonna credit some pictures from other sites, I won't use any picture of mine since I'm not confident enough to show my full face here :p
Ceritanya, sejak jaman SMP saya sudah mulai sedikit concern dengan kulit wajah karena aktivitas sekolah yang membuat kulit wajah jadi ketempelan debu, keringetan, dan alhasil mulailah sebum wajah bereaksi keluar. Seperti remaja pada umumnya, produk pertama yang saya coba adalah Clean n Clear facial wash yang fenomenal pada masa nya dan sampai sekarang pun masih cukup terkenal untuk segmen remaja, dengan tampilan botol bening dan cairan berwarna coklat muda dengan tutup botol berwarna biru, ini penampakan kemasan lama.

The most popular product among teenager at that time :)
Pic taken from source


Produk ini saya gandrungi sebelum semakin termakan bujuk rayu advertisement di TV. Sejak saat itu saya jadi doyan coba facial foam dan lain sebagainya, meski pun masih setia pada bedak Pigeon. I don't have a special treatment for my skin, untungnya my skin type cenderung normal dan kombinasi. Dulu saya sempat men-judge bahwa kulit saya termasuk dalam kategori oily, padahal itu adalah efek dari aktivitas luar ruangan yang membuat wajah lengket akibat keringat yang bercampur debu. Jerawat pun untungnya jarang muncul, paling-paling hanya di masa puber dan tidak begitu parah. Hingga memasuki masa SMA, saya rasanya sudah banyak mencicipi beberapa produk facial wash, namun masalah pun tidak banyak bermunculan. Pada saat kuliah saya juga sudah lupa skin care apa yang biasa digunakan, yang jelas selama ini saya hanyalah pengguna drug store skin care dan the body shop. 
Masa-masa acne prone di mulai setahun belakangan ini, keingintahuan saya yang berlebihan mendorong untuk senang coba-coba skin care drug store. Selain itu saya juga pernah mencoba serangkaian produk CR (bisa dilihat di instagram @cr_store kalo ngga salah), lumayan cocok dengan serum dan creamnya, tapi tidak berani pakai facial wash dan acid toner nya yang bikin pengen nangis. Tapi, lagi-lagi karena saya kurang bisa bertahan dengan sesuatu produk yang sulit digapai kalau habis (ribet banget dah), jadi saya memutuskan untuk cari skin care yang gampang dicari aja di pasaran. 

Meski pun jerawat yang saya alami tidak begitu parah banget, tapi cukup membuat pusing adalah bekasnya yang betah sekali nempel di wajah, selain itu setelah jerawat hilang satu, baru aja rehat kemudian beberapa minggu tumbuh lagi kalau ga dirawat terus secara kontinyu. Jadi istilahnya tiada muka tanpa jerawat gitu lah -__- 
Belakangan ini pula saya semakin memberi perhatian lebih pada perawatan acne prone skin sebelum membeli sebuah produk. Produk yang sedang saya pakai adalah,
credit from : online.marthatilaarshop

Acnes Point Clear
credit from : tokopedia.com

Pertama Sariayu Lotion Jerawat dan Acnes Point Clear (baru coba sekitar seminggu yang lalu). Nah dua ini yang sekarang sedang membantu melancarkan aksi melawan jerawat. Keduanya berfungsi mendinginkan kulit dan mengeringkan jerawat, tapi acne lotion terasa lebih strong karena mengandung belerang, dipakai dengan cara dituang sedikit ke kapas lalu tempel ke bagian jerawat. Seperti produk acne care pada umumnya yang berfungsi mengeringkan jerawat, lama kelamaan kalau diaplikasikan terus menerus di kulit, kulit bakal jadi kering. Untuk acnes point clear belum menunjukkan fungsi yang maksimal, tapi ga bikin kering kulit kita karena dia lebih liquid dan punya clear texture, tapi mungkin akan lebih ampuh terhadap jerawat meradang dibanding jerawat kecil atau yang mendem. Cara pengaplikasiannya enak banget, tinggal di roll pelan pelan ke wajah. Tapi, gak hanya mengandalkan dua produk ini aja, selama jerawat muncul, ntah satu atau lebih, usahakan jangan menggunakan kosmetik, kecuali sedikit aja kalau pun kepepet banget harus pake. Ingat ya, kosmetik, bukan skin care. Skin care rutin tetap boleh saja digunakan guna merawat kulit kita.

Hal lain yang saya terapkan saat wajah berjerawat adalah:

1. Rajin Cleansing
dreamstime.com
 
Cukup dua kali sehari, pagi dan sore/malam wajib membersihkan wajah, setelah bangun tidur lebih baik langsung mandi, atau minimal cuci muka dengan facial wash ditambah wudhu ya :), karena semalaman wajah kita kena rambut dan bantal yang bisa jadi pemicu jerawat dan kotornya wajah. Malam hari, atau sore hari saat mandi sore juga perlu membersihkan wajah, pembedanya, saat kita beraktivitas di luar ruangan, sangat dianjurkan untuk deep cleansing, pakai cleanser dulu (milk, water, atau cleansing oil) kemudian dilanjutkan facial wash dan toner. Kalau pun teman-teman tidak banyak di luar ruangan, cukup menggunakan facial wash dan toner saja. Ingat selalu ditutup dengan wudhu ya, mari sama-sama melestarikan jaga wudhu, meskipun saya masih sering lalai, tapi wudhu itu adalah sebaik-baik skin care deh. 

2. Masker 
clipartpanda.com

Bisa Masker DIY (Do it Yourself), tissue mask, atau masker bubuk, dan lainnya yang dijual di pasaran, tentunya yang aman dan halal. Saat jerawat saya malah ekstra dalam memasker wajah, sebenarnya tidak perlu, karena takutnya over-treatment dan membuat kulit jadi bingung (?). Maksudnya, masker itu tidak selalu cocok di wajah kita, bisa jadi masker DIY contohnya seperti lemon+cinnamon powder+honey akan membuat kulit kamu jadi mengelupas atau gatal, karena reaksi kuat dari bahan alami tersebut. Kalau saya pribadi lebih prefer masker yoghurt, honey, dan oatmeal daripada menggunakan lemon dan cinnamon powder untuk melawan jerawat. Meskipun efek dari masker tersebut tidak langsung terasa seketika, tapi setelah penggunaan masker, wajah biasanya terlihat lebih cerah karena sel kulit mati yang terangkat. Selain itu, masker oatmeal juga konon katanya berfungsi untuk memulihkan struktur kulit wajah yang kasar, serta mencerahkan wajah seketika (ini bener).

3. Rutin pakai obat jerawat

laserprocosmetic.com

Rutin memakai obat jerawat kamu, tapi tetap memperhatikan kondisi kulit, karena bisa saja kulit yang terus-menerus diolesi obat jerawat menjadi kering dan perih. Untuk itu solusinya saya biasa siapkan minyak zaitun, tender care, atau bio oil sebagai penyelamat kekeringan.

4. Gunakan Ice Cube

Es batu berfungsi untuk mendinginkan wajah dan menenangkan jerawat yang meradang, sering-sering aja ambil es batu, balut dengan kain lembut atau tisu, tempel dan usap pelan-pelan ke jerawat.

5. Minum air putih dan kurangi gorengan

familiesmagazine.com.au

Ini wajib bagi yang jerawatan mau pun nggak, biar kulit tetap terjaga kelembabannya dan cerah alami. Saya juga musti menerapkan ini (self reminder buat yang jarang minum dan doyan gorengan).



dreamstime.com

Larangan saat jerawat yang sering saya langgar yaitu pegang-pegang wajah, hal yang tidak seharusnya dilakukan saat tangan belum dicuci. Kemudian jangan memencet jerawat atau pun benjolan kecil (white heads dan lainnya), karena akan menimbulkan bekas yang sulit hilang #hiks. Dua kebiasaan buruk itu lah yang tidak seharusnya dicontoh ya teman-teman, meskipun gemes dengan jerawat yang udah muncul titik putihnya dan siap dikeluarin, tapi dipencet atau ditekan bukanlah jalan yang terbaik untuk memusnahkannya :).  

Sekian tips untuk kita-kita yang cenderung memiliki kulit normal to oily, kombinasi, dan khususnya acne prone. Selain perawatan menggunakan produk kecantikan, perawatan dari dalam juga sangat perlu, terutama saya juga perlu belajar membiasakan diri. You are what you eat itu ada benarnya juga, entah itu terlihat dari fit nya tubuh dan sehatnya kulit. Jangan lupa juga tetap menjalankan sunnah, seperti makan buah sebelum perut terisi makanan, minum dan makan secukupnya, dan menjaga wudhu untuk membuat wajah senantiasa berseri alami. 

Give your skin a little break from make up, fill in with nutrition, maintain the beautiful soul and maintain our stress level as well. Cause women are born beautiful with every imperfections, we should keep and treat it right and show it only for the right person :)

 

No comments:

Post a Comment