Thursday, April 7, 2016

DIY Skin Treatment - Cuka Apel

Holaa...

Talk about skin ga akan pernah ada habisnya di zaman sekarang. Munculnya banyak produk yang bikin jiwa eksplorasi semakin terpancing, sinar UV yang semakin menjadi, debu dan kotoran yang kasat mata, bikin kulit yang dulunya normal jadi runtuh juga pertahanannya. Firstly, maaf di tulisan kali ini ga ada fotonya, cause I'm not to confident to show off my pics, but these are genuinely my experience.

Semakin banyak baca review tentang kulit, saya akhirnya mengerti sedikit demi sedikit membedakan ketidakcocokan produk atau reaksi alami terhadap kulit seperti purging. Beberapa minggu ini saya mengalami purging yang cukup mengesalkan, jerawat meradang dan whiteheads yang ga berhenti muncul. Ini terjadi setelah saya mencoba pakai SK-II Facial Treatment Essence yang konon katanya the holy grail of SK-II product. Saya mencoba trial size nya yaitu 10ml, dan sudah hampir 2 minggu menggunakan ini sebagai bagian dari skin care routine. Alhasil, bermunculan jerawat di sekitar pipi yang cukup meradang, merah banget, dan lama kempes nya. Kalau dulu saya selalu mengira ini gak cocok sama produknya, tapi kali ini saya merasa ini adalah purging, jadi produk ini mengeluarkan kotoran-kotoran dulu sebelum nantinya akan memunculkan efek sebenarnya. Jadi, akan saya tahan dulu untuk tetap memakai FTE ini sampai jerawat nggak muncul lagi.

DIY kali ini berhubungan dengan jerawat tersebut. Beberapa hari lalu saya membeli cuka apel, yang tujuan awalnya sebagai konsumsi minum sehari-hari dengan cara mencampur 1-2 tutup botol cuka apel dengan segelas air untuk memperlancar metabolisme dan katanya kalau rutin bisa menurunkan berat badan juga hehe. 

google image - cukaapel.org

Kemudian saya googling manfaat cuka apel, ketemulah saya dengan artikel yang menjelaskan tentang kegunaan cuka apel sebagai toner. Saya coba aplikasikan, dengan 1 sendok makan cuka apel + 2 sendok makan air dicampur dan diusapkan ke wajah yang bersih dengan menggunakan kapas. Meski pun banyak orang terganggu dengan bau asem cuka apel ini, tapi saya fine-fine aja tuh dengan baunya :) dan hasilnya setelah mengaplikasikan toner ini di wajah, wajah berasa fresh, adem, plus terlihat cerah. Wah, bole juga nih. 

Berhubung jerawat yang meradang ini ga kempes-kempes meski udah ditotolin Acne Lotion Sariayu, akhirnya saya iseng-iseng berhadiah ambil cuka apel yang ditotol pada kapas dan tempelin di jerawat gede tersebut selama 3-5 menit. Lepasinnya kapan? sampai cuka apelnya agak mengering di kapasnya atau sampai ga tahan lagi, karena efek tingling dan agak gatel yang dirasakan, dan boleh dibilas atau biarin aja. Hasilnya....jerawat yg ga pecah-pecah itu langsung ngembang isinya dan bisa dikeluarin, OMG. Untuk teman-teman yang kulitnya agak sensitif sebaiknya jangan aplikasikan langsung ke wajah, tapi dicampur air dulu, karena bisa bikin kulit agak iritasi. Tapi efek ngempesin jerawatnya, boleh lah, jempol...

Selain jerawat, cuka apel ini berfungsi sebagai penyeimbang PH kulit dan anti aging. Selain itu manfaatnya untuk rambut dan kulit kepala juga sudah familiar dimana-mana, yaitu untuk membuat rambut berkilau dan lembut, juga membersihkan kulit kepala. Tips untuk teman-teman, boleh nih menggunakan cuka apel sebagai salah satu aktivitas skin care routine, boleh digunakan seminggu sekali, tiga kali, atau bahkan setiap hari tergantung sensitivitas kulit. Selamat mencoba! 


No comments:

Post a Comment