Monday, May 30, 2016

Story - Wearing Softlens II (Bausch&Lomb Softlens Bening yang Murah!)

Assalamualaikum, kembali lagi dengan postingan yang super lama jedanya dari postingan kemarin di hari Senin ini menjelang akhir bulan Mei dan H-7 bulan Ramadhan!!!!! :) 
Who's excited welcoming Ramadhan? saya yakin teman-teman semua bahagia dengan munculnya iklan sirup dan mentega di tv yang menandai kalau sebentar lagi sudah bulan puasa. 

Kembali tentang personal experience dalam menggunakan produk, postingan saya sebelumnya pernah membahas tentang dua brand softlens yaitu Nobluk dan Geo yang mana kedua softlens tersebut memiliki warna yang cukup "kelihatan" menurut saya (tapi saya suka). Ada dua kabar buruk yang terjadi pada saat pemakaian dan kondisi softlens tersebut. Dalam review saya tersebut, saya katakan kalau softlens tersebut cukup nyaman dipakai. Kali ini tambahan dengan catatan "if you treat them right and wear them in the proper condition" maksudnya adalah dengan rajin men-check mereka, membersihkan, dan memakainya dalam situasi yang tepat, dimana kalian tidak sedang berhadapan dengan debu yang maksimal. 

Kejadian pertama, suatu ketika saya ingin bepergian menggunakan sepeda motor, dengan alasan ingin lebih praktis dan tidak ingin terganggu dengan kacamata yang beruap karena keringat dan udara yang panas, saya pun memutuskan untuk memakai softlens Nobluk Brown saya tersebut. Perjalanan saya tempuh lebih kurang 20 menit di jalan dengan kaca helm yang menutupi wajah dan dibuka sekali saat mengisi bahan bakar. Sesampainya di tujuan, saya mulai merasakan ketidaknyamanan itu, mata saya mulai terasa berat dan perih, ditambah lagi saya meninggalkan pembersih softlens dan tidak membawa kacamata sebagai bala bantuan. Jadilah saya mengeluhkan ketidaknyamanan mata saya selama bertemu dengan teman, untungnya teman saya membawa tetes mata softlens yang sangat membantu, meskipun rasa tidak nyaman itu masih belum hilang. Pelajaran buat saya, saya kapok pakai softlens saat naik sepeda motor..kalau pun dengan terpaksa, saya harus membawa serta kacamata, dan peralatan softlens yaitu pembersih, tempatnya, dan tetes mata. Kejadian kedua, terjadi pada softlens saya, yaitu Geo Grey yang tidak tahu kenapa, saat saya ingin mencucinya, ada bagian kecil yang hilang seperti tergerus oleh kuku, artinya softlens tersebut tidak bisa saya pakai lagi padahal masa pakai Geo ini seharusnya bisa lama, sampai setahun (even if I definitely won't use it exactly for a year) sayang juga kan belum juga sempat dipake beberapa kali #hiks.

"Semoga dimasa yang akan datang saya bisa lebih berhati-hati dan telaten dalam penggunaan softlens, begitu juga dengan teman-teman semua."

Jadi softlens saya yang ada sekarang adalah Nobluk Brown yang sangat "kelihatan" itu sementara kondisi kulit saya sedang dalam keadaan tidak sehat sehingga tidak menunjang penggunaan softlens dengan warna yang terlalu kelihatan tersebut. Mungkin itu hanya masalah personal self confidence, but for me, it's a big no, menggunakan softlens yang agak pop dengan wajah yang tidak fresh. Pada saat itu juga mendekati hari acara spesial dimana saya harus menggunakan softlens. Mengatasi masalah tersebut, dengan pertimbangan matang saya memutuskan untuk kembali pada fungsi utama softlens yang saya pakai yaitu membantu penglihatan, bukan untuk gegayaan dan warna-warni mata semata. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli clear softlens alias softlens bening, yang biasanya dijadiin tester di optik buat pemula. Pada awalnya saya mikir bakal susah pakai softlens bening, karena tidak kelihatan saat di rendaman, apalagi kalau jatuh. Tapi demi mata yang dapat melihat dengan jelas dan nyaman, saya pun kembali nekat menjatuhkan pilihan, kali ini pada softlens bening. Saya pun memilah milih softlens di Lensza.co.id dan pilihan saya jatuh pada Bausch&Lomb 59 (hilafilcon B).


isi tiga pasang softlens (satu pasang sudah dipakai)

Di dalam kotak ini, berisi tiga pasang softlens yang monthly disposal, masing-masing bisa dipakai untuk satu bulan, jadi sekotak softlens ini seharusnya bisa dipakai untuk tiga bulan. Hilafilcon B dan ada tulisan 59 nya membuat saya googling dulu sebelum membeli, apa sih maksudnya ini, ternyata sepenangkapan saya Hilafilcon B ini adalah jenis comfort softlens dan 59 ini adalah kadar airnya yaitu 59%. Jelas sekali kalau Bausch&Lomb ini adalah softlens yang sesuai fungsinya, membantu penglihatan serta membuat nyaman mata kita. Berhubung kadar airnya cukup tingga, softlens ini nyaman banget, tapi saya tidak tahu bagaimana efeknya jika terlalu lama di ruang ber-AC. Saya sudah coba untuk pemakaian selama lebih dari 5 jam di luar ruangan yang panas sekaligus lembab karena sempat hujan juga, dan sama sekali tidak menggunakan tetes mata, it's totally fine. Tidak ada perih, lelah, atau pun rasa ngeganjel di mata saya. 

Softlens ini adalah yang termurah yang pernah saya beli, yaitu 150ribuan jadi untuk sepasang softlens kira-kira 50 ribuan, bisa cek di web Lensza.co.id untuk kategori softlens bening. Ini kali pertama beli di Lensza.co.id, dan karena ini official website jadi packagingnya sangat profesional, dalam kotak seperti box handphone gitu dan ada card thankyou nya, suka banget! Pembeliannya pun gampang, bahkan bisa pilih prescription mata kanan kiri yang beda minus  :) 





Suka duka bersama softlens bening ini yaitu pemasangannya agak tricky, karena kita ga bisa lihat secara jelas apakah softlens itu sudah masuk atau malah masih nyangkut di tangan. Softlens ini juga cukup tipis dan lembut, jadi be careful saat membersihkan dan mengeluarkannya dari mata. Terlebih lagi, karena softlens ini bening, kemungkinan lupa untuk dilepas lebih besar dibanding kalau memakai softlens berwarna, jadi selalu ingat-ingat ya kalau sedang pakai softlens, jangan sampai ketiduran. 

What I like :
- Murah!
- Nyaman dipakai
- Netral, bikin Pede aja

What I dislike :
- Susah dilihat (dalam rendaman saat mau ambil lens dari case)
- Takut lupa dilepas

Ini sangat recommended untuk clear softlens yang murah, kalau belum mau spend a lot di brand Acuvue atau Johnson untuk clear softlens ataus daily disposal softlens nya, ini alternatif softlens bening yang bisa dibeli. Let's see the world clearly with your beautiful eyes! :)  

No comments:

Post a Comment