Thursday, August 20, 2015

I.N.F.P.

Have you guys ever heard about 16 personalities? or the familiar terms such as extro and introvert, feeling, intution, etc.  
yap, kalau belum tau or have no idea what it is about, you may go check your at http://www.16personalities.com/free-personality-test instrument tes kepribadian by Myers-Birggs Test Indicator. 
Manusia itu diciptakan berbeda-beda, dari sifat, karakter, kemampuan, dan sebagainya. Bahkan diri kita sendiri tidak sepenuhnya mengenal diri kita. Kita hanya pentingkan jalani hidup mengalir aja. Saya pribadi karena sedikit tertarik pada bidang psikologi, maka dari itu saya sering mencari tahu tentang minimal diri saya sendiri. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sanguins, melancholic, etc. Nah kali ini ada yang lebih banyak jenisnya dari itu yaitu tes kepribadian MBTI ini.  
Oke mungkin ini gak menentukan kita kedepannya bakal exactly the same as the description through the free test result, however it is regarding the psychology and our true answers will more or less reflect to the result. Yep sedikit banyak apa yang digambarkan memang merupakan "ini lah gue". I took this test like several times from a year ago, hasilnya tetep sama ga ada berubah-berubahnya bakal 1 poin huruf pun. I'm the INFP: Introverted, Intuitive, Feelings, and Percieve. Tujuannya apa tau begini? untuk lebih mengenal potensi diri dan lingkungan yang mendukung pengembangannya, menimbang cocok tidaknya partner kerja, atau dalam menentukan partner hidup, memahami dan berdamai dengan diri sendiri pada suatu waktu terjadi konflik batin yang menegangkan (cie). 
Berdasarkan 16personalities.com INFP is the true idealist. Populasi nya konon katanya hanya 4-5% saja di dunia (masa sih?). Kalau dikategorikan lagi termasuklah saya di Dreamy Idealis. Gimana tuh idealis pemimpi? kata-katanya sih, kita berhati-hati dalam bertindak atau pun berbicara, dinilai pemalu dan pendiam (coba tanya aja orang yang kenal saya, sebatas kenal dan berteman atau kerabat ya, jangan kang gorengan yang ditanyain -__-). Gak jarang juga mungkin kita jadi sering membuat orang salah persepsi karena memiliki kesan "sombong" karena ga begitu mudah haha hihi dengan orang. Lah kan sombong itu membangga-banggakan diri? kalo kitanya diem, terus sombongnya di bagian mana sih coba kasi tau sini? hehe peace  
INFP tampang luarnya tenang, pendiam, dan pemalu. Namun bisa saja menipu, hati-hati anda tertipu! hahahahahahhah Eh bukan tukang tipu kok, tenang aja.. maksudnya luarnya aja yang diam dan tenang, tapi di dalam penuh impian, antusiasme, ambisi, dan ketertarikan yang luar biasa pada sesuatu yang menarik hatinya.
INFP hanya berbagi kehidupan dan emosional ke orang tertentu saja yang sekiranya sudah nyaman bagi kita, gak perlu tuh segala ke orang baru ngobrol sejam-an langsung cerita kehidupan pribadi sampe perihal cabut bulu idung pun diceritain. Tapi, sungguh pun dibilang lebih malu dari putri malu, si idealis ini punya prinsip sendiri dalam hidupnya. Punya inner flame dan passion yang suatu saat atau waktu bisa bersinar, dan...Insyaallah gak mudah terbawa arus liarnya kehidupan, karena prinsip sudah digenggap erat, tanpa membuat kita menjadi less flexible atau pun close minded. 
Kembali ke INFP ini "always looking for the hint of good in even the worst of people and events", nah maka itu seorang INFP sejatinya selalu belajar untuk melihat positive side of a person or thing, karena seburuk-buruknya orang atau sesuatu, pasti ada sisi baiknya yang kita ga tahu, atau pun belum kita gali lebih dalam, yang kita perlu hanya berlaku sebaik yang kita bisa. INFP mudah merasa empati, turut sedih (liat orang makan sendirian aja bisa sedih). 

Introversion or introvert pasti banyak yang sudah tau kan, lawan nya adalah extrovert. Banyak tokoh-tokoh terkenal yang termasuk dalam introvert, salah satunya penulis buku serial favorit saya, J.K. Rowling. Introvert tentu terkenal akan kebalikan dari extrovert yang merupakan social butterfly, terbang kemana-mana untuk memenuhi asupan energi mereka dengan berkumpul, berdiskusi, being a center of attention, party leader, etc. Pokoknya yang heboh heboh dan rame itu sudah hampir dipastikan 80% extrovert. Sementara itu para introvert me-recharge energi dengan menjauh dari keramaian, atau berada di antara orang terdekat saja. Most of introverts are need their "me time" more than anything else. Introverts fokus dengan dunia sendiri, siapa pun yang ingin masuk, harus mengetuk pintu terlebih dahulu, dan masuk setelah diizinkan oleh sang introverts, karena kalau extroverts menerobos masuk begitu aja, ya lihat aja konsekuensinya gimana. :) 
Singkatnya INFP itu kelebihannya berdasarkan pengalaman :1. Ga membuka diri ke banyak orang, tapi bukan berarti pemikirannya tertutup. INFPs are such the most open minded & flexible person in the existence, lols. Means INFP tidak suka dibatasi aturan, bebas, dan merdeka, asal prinsipnya tidak diganggu gugat. 2. Idealis tingkat tinggi (mau nya sesuatu sesuai prinsip, ga melanggar nilai, ga memicu konflik, dan percaya bahwa setiap orang dasarnya baik dan kejahatan datang gara-gara hawa nafsu yang dituruti dan syaitan yang menggerayangi). Selajutnya idealis dengan selalu mencari nilai dan harmoni dalam sebuah bidang kerja, tidak mendominasi atau pun keras kepala, serta memastikan bahwa setiap orang atau pendapat dapat didengar.3. Loyal dan setia4. Antusias (untuk sesuatu yang disenangi), memang ga musti menunjukkan ke "antusiasan" nya dengan jingkrak-jingkrak, tapi dalam hati menggebu-gebu dengan hal tersebut. Ketenangan INFP ga bisa dianggap bahwa dia gak berbuat apa-apa.5. Kreatif dan anti mainstream (betul banget!) 6. Lebih cakap dalam komunikasi non verbal (I'm good at writing rather than speaking, true)7. Punya prinsip yang kuat, mampu berdedikasi dan kerja keras untuk sesuatu yang berguna baginya dan tidak melanggar prinsip hidupnya.

Namun ada pula kekurangan dari INFP ini:1. Terlalu terfokus pada orang lain, sering kali mengabaikan kebutuhan diri sendiri.2. Tidak suka berurusan dengan data. 3. Sulit dikenal. Biasanya bukan seorang yang terkenal di ruang lingkupnya.4. Perasa/Sensitif. Tidak jarang sulit menerima kritik, dan selalu menghindar dari situasi yang tidak mengenakkan baginya/ konflik. 5. Terlalu idealis sehingga lupa bahwa faktanya tiada yang dapat memenuhi ekspektasi kita, serta tiada apapun yang sempurna di dunia ini.


Julukan INFP ini adalah The Healer, The Mediator, The Idealist, atau The Dreamer 

Tipe Kepribadian INFP
Dalam hal pertemanan, kepribadian INFP cukup sulit untuk saling kenal. Bahkan teman-teman terdekat mereka mungkin sering merasa sulit untuk meyakinkan INFP untuk membuka dan mengungkapkan perasaan mereka. Orang dengan tipe kepribadian ini tidak peduli banyak tentang berapa banyak yang akan jadi teman mereka , kualitas persahabatan jauh lebih penting .INFP menjadi teman yang setia dan mendukung. Mereka juga pandai mengenali keadaan emosional dan perasaan orang lain , dan sifat ini memungkinkan INFP menjadi sangat sensitif dan berwawasan. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini cenderung cukup terprivasi dan penyendiri , INFP tidak merasa nyaman mengungkapkan inti masalah mereka kepada orang-orang mereka tidak tahu dengan baik .Teman INFP cenderung intens , bergairah dan individu idealis - sifatnya terlihat tenang dan santai, seperti manipulatif . Di sisi lain , sebagian besar INFP perlu banyak " waktu sendirian " juga dan sifat misterius ini kadang-kadang dapat membingungkan bahkan teman-teman terdekat mereka .Kepribadian INFP mungkin akan merasa paling nyaman di antara teman-teman Tipe Feeling (F) jenis lainnya. Rasionalitas dan dianggap "dingin" Tipe Berpikir (Thinking type) dapat mengancam mereka, sementara Tipe Menilai (Judgemental) mungkin tampak terlalu tegas dan kaku. Ini tidak berarti bahwa INFP tidak akan mampu berkomunikasi dengan kepribadian ini pada tingkat profesional, tetapi sangat tidak mungkin bahwa mereka akan menjadi teman dekat. 

Nah untuk profesi INFP yang dominan cocok adalahPekerjaan yang cocok untuk INFPcr:kamuitubeda.com

Ga asik ya ga ada profesi pebisnis atau entrepreneur -___-"tapi meski begitu hal ini sama sekali gak membatasi kita untuk berprofesi diluar kategori ini. Bisa aja nanti misalnya kita jadi fashion designer, nah cita-cita pebisnisnya terwujud tuh. Atau jadi writer dan jual bukunya. Mungkin juga dengan pemikirannya yang kreatif dan anti mainstream INFP dapan menghasilkan inovasi baru.

That's all about INFP...Ada yang sama seperti saya? Yep hampir 100% memang itulah gambaran pribadi INFP. Yang saya sayangkan hanya di bagian profesi, yang menyatakan bahwa INFP kurang cocok dalam bidang bisnis.. Let's see.. bisa saja saya mendobrak itu semua, atau pun merangkap profesi INFP lainnya. 

Salam Idealis,INFPs



6 comments:

  1. Wah, terima kasih infonya. Sama nih, saya juga dapat hasil INFP tapi The Mediatornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^ the mediator itu cm sebagai julukan saja, sama saja dengan the healer atau the idealist.

      salam kenal juga ya INFP disini (:

      Delete
    2. Halo,salam kenal INFP mates! :)

      Delete
  2. halo Alde! Salam kenal :) #barubales hehe

    ReplyDelete
  3. No problem :) I'd like to share thoughts with you ^^

    ReplyDelete