Tuesday, August 9, 2016

Melawan Bekas Jerawat, Natural Remedies, Mengurangi Kebiasaan Buruk

Back to skin issues, sejak tahun lalu kulit wajah sedang protes-protesnya ke yang merawat. Saya dulunya Alhamdulillah tidak pernah bermasalah dengan jerawat, melainkan lebih kepada komedo dan milia (fyi milia sudah sedikit diangkat). Sejak tahun lalu saya kembali ke kampung halaman dan berhadapan dengan panasnya yang ibarat kata "mencubit" banget. Sejak saat itu, sekitar 10 bulan terakhir kondisi kulit wajah agak naik turun ditambah pori-pori gampang kelihatan buanget karena panas tentunya bikin pori wajah lebih terbuka. Kadang kulit baik-baik saja, tapi seringnya either kusam, oily, kadang kering juga di beberapa bagian, dan sempat muncul jerawat batu.

Jerawat batu ini yang berkontribusi besar meninggalkan jejak, yaitu bekas yang menghitam dan berbulan-bulan ga mau hilang. Selain itu kalau ditekan sedikit dan di bagian bawah kulit masih ada benjolan gitu, berarti jerawat tersebut masih berpotensi untuk numbuh lagi. Kulit wajah sekarang jadi jauh lebih sensitif pokoknya, gampang muncul whiteheads dan jerawat. 

Karena komitmen saya untuk tidak mau pakai krim dokter sampai kapan pun, akhirnya saya sering browsing natural remedies dan pakai skin care se-sederhana mungkin, plus spot care tea tree oil/acnes spot gel. Saya pun jadi rajin untuk pakai masker homemade yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di rumah. Bahan yang saya coba tentunya yang gampang aja sih, seputaran lemon, honey, oatmeal, baking soda, cinnamon, coffee, dan egg white. Akhir-akhir ini saya sedang sering pakai masker putih telur, tanpa dicampur apa pun. Saya sempat coba juga aspirin dan madu saat masih ada jerawat batu. Akhir-akhir ini saya sedang coba penemuan terbaru yaitu masker norit (karbon aktif), yang dipakai seminggu sekali atau dua kali sebagai detox kulitnya. 

Untuk exfoliate saya senang menggunakan tiga macam bahan. Tergantung kondisi kulit dan mood saat itu, pengennya pakai yang mana. Pertama saya suka pakai bubuk kopi ditambah madu atau lemon, atau keduanya. Kegunaan kopi ini sebagai masker sekaligus exfoliator, belum berani mencoba facial wash yang mengandung scrub lagi, karena sering  malah jadi bruntusan. Kopi juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah nih. Tambahan lemon untuk mengontrol minyak dan jerawat plus mencerahkan, ditambah madu sebagai pelembab alaminya. Pernah juga saya iseng mencoba sugar dan madu sebagai scrub, ceritanya kira-kira bakal kayak Black Sugar scrub nya Skin Food. Hal yang terjadi malah timbul bumps di wajah, bruntus lageeh dan timbul satu dua jerawat. Mungkin kelewat semangat nge scrub nya. Kemudian exfoliate menggunakan baking soda juga boleh, tapi pelan-pelan dan cukup seminggu/dua minggu sekali aja karena baking soda rasanya lebih harsh dibanding kopi. Selain itu bubuk kayu manis dan madu juga biasa saya coba, lagi-lagi ini jauh lebih harsh dibanding kopi. Jangan lupa kasih pijat wajah minimal seminggu sekali, pakai olive oil, coconut oil, cleansing atau baby oil juga boleh. Gunanya untuk memanjakan kulit lah pijat pijat manja dikit, setelah itu jangan lupa dibersihkan kembali dengan facial wash seperti biasa.

Ampuh ga sih kak pakai natural treatment gituan?

google image
Sebenarnya asal rutin Insyaallah ampuh kok. Tentu hasilnya tidak instan, karena bahan alami dan tidak bisa sekali pakai langsung menunjukkan hasil yang cetar. Perlu diingat juga tidak semua orang bisa pakai sembarang natural treatment, disesuaikan saja dengan kondisi dan sensitivitas kulit masing-masing. Kalau kulit terlalu sensitif, jangan coba-coba pakai lemon atau baking soda. Pakai aja madu, yoghurt, aloe vera. Sedangkan untuk exfoliate pakai oatmeal atau kopi juga cukup oke karena hasilnya langsung kelihatan, wajah jadi lebih cerah dan halusss.

Selain itu faktor gaya hidup juga berpotensi sebagai penyebab buruknya kondisi kulit, jerawat, dan bekasnya sulit hilang nih, seperti yang saya rasakan sebagai berikut:

1. Kurang jaga makan

Udah jaga makan banget padahal (makanan dijagain biar ga ada yang makan). Well, susahnya jaga makan terutama untuk menghindari makan goreng-gorengan itu salah satu godaan terbesar dalam hidup. Gorengan dan fast food adalah kontributor terbesar dalam permasalahan kesehatan, baik dalam mau pun result di luar seperti kulit wajah. Siapa sih yang ga tergoda dengan bakwan, cireng, lumpia, tahu bulat digoreng lima ratusan, apalagi kalau pake rawit atau sambel cocol, beuh *kibar bendera putih.

google image
Intinya berusaha untuk kurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih, kalau ga bisa langsung, minimal kurangi porsinya aja deh (inget tuh). Kemudian harus kudu musti ga boleh males makan sayur dan buah untuk menetralisir racun-racun gorengan yang udah terlanjur ada dalam tubuh. Sayur dan buah tuh udah paling tokcer buat kesehatan, buat kulit, dan metabolisme. Tapi tetep aja kan gorengan panas-panas plus sambel itu lebih juara? etsss.. ingat ingat please. Ingat, terutama buat diri sendiri nih tips nya :p

2. Stress dan Over Thinking

Sering kali saya, atau mungkin teman-teman sekalian juga pernah terlalu memikirkan sesuatu sampai bikin diri sendiri ga tenang. Bikin diri sendiri panikan, khawatir, atau uring-uringan. Selama 10 bulan saya sering mengalami hal itu karena personal matters. Gimana mau awet muda coba kalau masih muda aja udah menanggung stress kalah-kalah orang umur 40an? Kunci awet muda dan hidup yang positif adalah menjauhi stress dan over thinking terhadap apa pun.

google image
Stress dan over thinking basically buruk dampaknya bagi tubuh dan jiwa. Buat otak aja ga bagus apa lagi buat kulit yang reaksinya gampang kelihatan. Jauhi stress dan over thinking dengan lebih santai, diimbangi tobat, dzikir, doa, kali aja banyaknya dosa bikin jadi stress tak beralasan (#okeh). Stress hilang, hati tenang, jerawat hilang deh.

3. Kosmetika yang Tidak Cocok atau Menutup Pori-pori

Salah satu penyebab lain adalah kosmetik yang tidak cocok atau produk yang malah menutup pori-pori. Padahal saya perlu banget produk complexion camouflage either concealer/foundie untuk menyamarkan kehitaman bekas jerawat tersebut di occasion tertentu, justru jadi dilema karena bisa berpotensi clogged pores. Punya pori-pori yang gampang clogged dengan black and whiteheads senang muncul bisa rentan alias mudah banget muncul jerawat. Put makeup as minim as possible, hati-hati pilih kosmetik dan jangan lupa bersihin sebersih-bersihnya setelah pulang kerumah.

www.flyerz.hu (google image)

4. Kurang minum air putih

Yes, saya ga punya jadwal tertentu untuk minum air putih. Kadang yang suka bikin males minum air putih adalah result nya yang mengharuskan kita bolak balik toilet. Minum air putih menjadi salah satu kunci untuk sehat. Ahli kesehatan mana sih yang ga menyarankan untuk minum air putih yang cukup setiap hari? bahkan bangun tidur dan sebelum pun kita dianjurkan untuk minum air putih. Minum air putih itu baik untuk menjaga stabilitas kesehatan, membuang racun-racun melalui urin, dan melancarkan metabolisme. Dengan minum air putih, kulit menjadi lebih lembab, bahkan memudahkan proses pemulihan kulit terutama bekas-bekas jerawat tadi.
buzzfeed.com (google image)
Air putih kan juga mudah diperoleh, Insyallah, terutama bagi kita yang tinggal di kota Alhamdulillah tidak kesulitan air bersih. Tapi, kesadaran untuk minum air putih sesuai anjuran masih juga sering kita lupakan, hanya sekedar minum sebagai penghilang haus saja setelah itu dilupakan. Bahkan Nabi kita saja menganjurkan untuk minum air cukup, tentunya dengan adab yang baik seperti harus duduk dan menggunakan tangan kanan serta tak lupa baca Basmallah. Pelajaran besar nih yang harus selalu saya dan teman-teman ingat untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

5. Sering Pegang-pegang muka + keseringan ngaca

Ini salah satu worst habit saya, suka tanpa sadar pegang-pegang wajah atau kalau lagi jerawat suka gemes buat pegang-pegang jerawatnya. Sebenarnya hal ini lah yang harus harus harus banget dijauhkan. Kalo bisa nih tangan dikasih apa gitu ya biar ga megangin muka setiap saat. Intinya jangan sering kegatelan pegang wajah, sebab tangan adalah salah satu sumber kuman. Plus keseringan ngaca juga kurang baik sih sebenarnya, ujung-ujungnya ngelihatin jerawat atau bekas jerawat yang masih nempel di wajah, trus makin stress sendiri karena mereka ga hilang-hilang. Bukannya mengurangi malah jerawat baru muncul lagi dah, lelah Hayati.

google image
Untuk itu, bagi yang muslim nih terutama, biar wajah senantiasa cerah meskipun yah ada lah beberapa jerawat, saat ngaca usahakan jangan lupa berdoa: "Ya Allah, sebagaimana telah Engkau baguskan penciptaan dan rupaku, maka baguskan pula akhlakku".

Biar yang dipikirin ga cuma muka cantik, tapi juga hati yang cantik, iya nggak? *ngomong sama diri sendiri. Doa ini tujuannya biar selalu bersyukur aja, masih untung dikasih muka minyakan sama jerawat doang, gimana kalau dosa lo sedikit-sedikit muncul di muka? ga bakal deh mau deh muncul keluar apalagi pajang-pajang selfie. Intinya, bersyukur aja lah masih dikasih jerawat, artinya sel-sel kulit kita masih hidup, masih bereaksi dengan sesuatu dan memberi sinyal-sinyal penting untuk kita lebih aware dengan kesehatan tubuh sendiri.


Saat ini saya masih struggle untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya sebisa mungkin dengan tidak malas bersih-bersih wajah. Selain itu tips lagi, kadang kalau jerawat lagi gede dan sakit nyut gitu, saya coba aplikasikan obat jerawat sambil baca either dalam hati atau dengan suara kecil "Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, sembuhkanlah jerawat/penyakit ini dariku." Itu doa yang saya dapet dari buku doa-doa gitu, dan tambahan lagi Insyaallah boleh diterapin, ini doa pribadi sih "Hilangkanlah dosa-dosaku bersama hilangnya jerawat ini Ya Allah". Yes, yang saya harapkan apa pun penyakit sekecil apa pun yang saya alami, semoga sekalian menggugurkan dosa-dosa saya juga, aamiin.

Pada dasarnya menjaga gaya hidup dan mind condition adalah kuncinya. Menjaga dan merawat amanah dari Dia itu wajib, dengan cara yang baik dan benar. Intinya penyakit dari Dia, obatnya juga dari Dia. No intend to preach but this is based on personal experience and I hope gonna works well to everyone who read this, :) Stay pretty inside and outside!



*writing inspired by several internet sources



3 comments:

  1. Boleh guna kopi instant indocafe Kat muka tak? - feeya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik kopi hitam, sebab kopi instan banyak mix bahan lain, tapi bila kandungan kopi dominan boleh juga..

      Delete
    2. Okayy.. Terima kasih yee - feeya

      Delete