Tuesday, April 19, 2016

Left Handness (Kidal/Dominasi Tangan Kiri)

Sejak kecil memang kebanyakan aktivitas yang saya lakukan sangat lancar dan hasilnya lebih bagus menggunakan left hand. Orang tua saya melatih beberapa hal seperti makan minum dan menulis menggunakan tangan kanan, jadi basically I use my right hand for eat&drink and hand-writing. Saya adalah left handed yang jarang di recognize kalau di sekolah, karena saya makan, minum, dan menulis dengan tangan kanan seperti anak-anak pada umumnya. Kadang ada juga yang sadar kalau saya sedang menggaris, saya menggunakan tangan kanan untuk meratakan penggaris, dan tangan kiri untuk memegang pensil (berarti orang yang nyadar perhatian banget). 

Sebenarnya apa sih fakta-fakta tentang kidal? apa benar orang kidal rata-rata lebih cerdas? apa benar juga orang kidal rata-rata umurnya ga sepanjang orang normal? Apakah saya sebenarnya lefthandness atau kah cross dominance/mix-handness?


Seperti dikutip dalam wikipedia dalam pembahasan tentang Handedness atau kecenderungan dominasi penggunaan tangan pada seseorang, orang yang cenderung left handed pastilah lebih luwes dalam menggunakan tangan kirinya ketika mengerjakan sesuatu.  

Rata-rata aktivitas yang lebih nyaman saya lakukan dengan menggunakan tangan kiri adalah:
1. Istinja (cebok) ini wajib lah ya #maafin #intermezzo
2. Menggaris
3. Mengarsir/menggambar sesuatu yang butuh dibentuk/arsir
4. Mewarnai
5. Masak (pegang spatula)
6. Pasang eyeliner
7. Menggunting
8. Memotong atau mengupas dengan pisau (sementara makanan yang dikupas saya pegang dengan tangan kanan)
9. Sikat gigi (kadang-kadang latihan pakai kanan)
10. dan lain-lain yang saya lupa

Jadi kebanyakan tangan kiri atau seimbang saya juga jarang memperhatikan, it comes out naturally. Ada pula istilah Mix-handness dan Ambidexterity yang intinya adalah dapat menggunakan kedua tangan dengan baik. Saya belum dapat mendalami perbedaan dari kedua istilah tersebut, mix-handed people kemungkinan memiliki perbedaan tangan yang mendominasi dalam aktivitas yang berbeda. Apakah saya termasuk golongan ini instead of left handed? I don't know exactly. 


Beberapa fakta berdasarkan penelitian mengenai left handed individuals:

1. Berdasarkan studi atau penelitian yang pernah dilakukan, ada sekitar 10% populasi dunia yang memiliki kecenderungan dominasi tangan kiri (such minority)

2. Berdasarkan penelitian juga bahwa pada 4000 subjek tidak dapat ditemukan faktor genetik yang menyebabkan kecenderungan dominasi penggunaan tangan. Jadi, entah kita terlahir kidal atau pun dominan tangan kanan, tidak ada hubungannya sama sekali dengan garis keturunan, bahkan saya sendiri dari keluarga tidak ada tuh yang biasanya sering pakai tangan kiri. 

3. Left handed memiliki kecenderungan lebih tinggi dalam gangguan mental, depresi, dan lebih mudah mood swing according to http://www.everydayhealth.com/healthy-living-pictures/little-known-facts-about-lefthanders.aspx#02 Remember! kecenderungan lebih tinggi, bukan berarti semua penderita seperti itu sudah pasti left handed. 

4. Left handed adalah seniman yang handal. Berdasarkan research American Journal of Psychology, left handed people cenderung memiliki pemikiran dan ide yang berbeda sehingga menjadi kaya akan solusi dan pemikiran cemerlang. Lefties cenderung memiliki kemampuan lebih besar untuk berkarir di arts, music, sports, dan IT fields, tak jarang kita sering lihat pemain badminton yang left handed, artists dan musician pun tak jarang yang cenderung dominan left hand. 

Banyak lagi sebenarnya fact yang mengaitkan tentang left handed people dengan berbagai aspek fisik dan mental yang tidak saya cantumkan karena takut sumbernya abal-abal, bahkan ada penelitian yang menyatakan kalau left handed people berkemungkinan lebih pendek umurnya dibanding right handed, Allahualam. Di luar itu semua, pengguna dominan tangan kanan mau pun tangan kiri, atau seimbang keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baiknya kita tidak membeda-bedakan dan men-judge atau stereotype negatif.

Namun, alangkah baiknya bila kita dapat selalu belajar dan membiasakan untuk mendahulukan sebelah kanan sebagaimana tauladan kita Rasulullah SAW membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sendal, bersisir, bersuci, dan dalam setiap urusannya (HR Bukhari 168). Sedangkan untuk urusan makan dan minum adalah WAJIB menggunakan tangan kanan, sesuai dengan hadits shahih "Jika seseorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya, karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya (HR Muslim no. 2020). Kecuali dalam keadaan udzur dimana tangan kanan kita mengalami cedera atau dalam keadaan darurat, maka Allah Maha Pengampun, tidak mengapa untuk menggunakan tangan kiri. (rumaysho.com and muslim.or.id)

Islam tidak memberatkan kita untuk menggunakan seluruh aktivitas dengan sebelah tangan saja. Tangan kanan identik dengan sesuatu yang baik, sementara terlahir dan terlatih menggunakan tangan kiri bukanlah kemauan kita sejak awal, selagi bisa, berlatih untuk dahulukan yang kanan mulai dari hal simple seperti memasang pakaian, sepatu, dan lain sebagainya sebagaimana kewajiban kita meneladani Rasulullah SAW.

Jangan pernah pula men-judge bahwa tangan kiri itu buruk! Never judge something you see that uncommon to you whatever they are! karena sejatinya kedua tangan diciptakan dengan fungsi yang sama, membantu kita dalam beraktivitas, apabila hilang salah satunya, kita akan kehilangan suatu nikmat yang luar biasa. So, who's left handed or mix-handed here? :)








No comments:

Post a Comment