Friday, July 1, 2016

Beauty Class with Nurul Pusparani (sponsored by Wardah & MakeOver)



Baru sempat nge-post, langsung deh posting beberapa postingan sekaligus. Hari minggu lalu, pada tanggal 26 Juni 2016, Alhamdulillah saya berkesempatan untuk ikut sebuah event yang saya tunggu-tunggu kehadirannya yaitu Beauty Class. Saya pengen banget ikut beauty class dari dulu, tapi sayangnya di Pontianak jarang sekali ada event seperti ini. Apa gunanya ikutan beauty class? sebenarnya alasannya berbeda-beda untuk setiap orang, ada yang pengen belajar makeup, ada yang iseng aja pengen ikutan, ada juga yang karena memang suka makeup. Alasan saya adalah gabungan dari ketiganya, saya pengen belajar cara makeup yang simple, saya juga pengen ikut kegiatan positif seperti ini dan menambah wawasan serta mau  dapat advantage yang ditawarkan, kemudian saya juga suka dengan hal yang berhubungan dengan kecantikan dan makeup serta ingin mengetahui tips dan trik kecantikan dari orang yang lebih faham. Oh iya, siapa itu Nurul Pusparani? Dia adalah MUA di Pontianak, yang menangani makeup untuk acara pernikahan, graduation, formal/non events, personal makeup, dan lain-lain. Portofolionya bisa dilihat di instagramnya @nurulpusparani bagi yang tinggal di Pontianak dan sekitarnya, boleh nih kalau mau makeup atau belajar makeup, karena mba Nurul juga buka private class untuk yang mau belajar makeup lebih mendalam. 

Beauty class seharusnya dimulai pukul 14.00 wib, tapi seperti biasa selalu ada karet-karet dikitlah :p 

while waiting
Selagi menunggu, tiap meja dan peserta dibagikan peralatan 'tempur' utama beserta voucher sebesar 50ribu dari Wardah dan 25ribu dari MakeOver yang bisa ditukar dengan produk saat event berlangsung. Di meja untuk masing-masing peserta disediakan maskara, eyeliner, pensil alis, bulumata dan lem nya, serta perangkat kuas dan bandana, sementara palette makeup untuk sharing 2-3 orang.
this is what we got for practice

peserta, dan di depan sana ada booth Wardah & MakeOver

Setelah dibagikan peralatan makeup, acara dimulai dengan pembukaan yaitu introduction to event, tujuan dan tema, perkenalan dari Nurul Pusparani, serta demo makeup. Nah, tema makeup kali ini adalah cantik di hari yang fitri, bertujuan agar teman-teman dapat tampil rapi dan cantik saat idul fitri dengan makeup yang mudah dan natural. Jadi ga ada tuh ceritanya pakai lipstik merah membara atau mata yang dark smokey, karena makeup natural lah yang didemo-in disini. 
demo makeup 


Setelah demo makeup selesai, break sholat Ashar, kemudian baru deh masing-masing peserta mempraktekkan makeup yang sudah dicontohkan tadi. Berbagai tips dan trick dibagikan oleh mba Nurul tanpa pelit-pelit. Saat mulai makeup yang paling penting adalah kulit harus dibersihkan dan tangan harus dalam keadaan bersih juga (ini wajib). Setelah itu aplikasikan toner, yang berfungsi untuk mendinginkan wajah, karena wajah yang dingin lebih mudah menyerap produk yang diaplikasikan. Ademkan dulu wajah yang berkeringat, usahakan makeup ditempat yang adem minimal ada kipas deh :) 

Kemudian pakai pelembab ber-spf kalau siang hari, dan non spf pada malam hari. Pelembab atau base ber-spf pada siang hari berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Setelah pelembab menyerap di kulit, mulai aplikasikan foundation sesuai warna kulit atau boleh setingkat lebih cerah (untuk yang berjilbab). Foundation harus diaplikasikan secara merata dan boleh di tambah untuk menutupi bekas jerawat/flek, tapi harus diratakan terus agar tidak cakey/retak-retak nantinya. Setelah itu aplikasikan highlight dan conceal bekas jerawat yang masih kelihatan (disini saya sudah mulai keringatan pemirsah). Kemudian pakai bedak dengan cara di tap tap terlebih dahulu lanjut diratakan. Lanjut deh ke contouring, shading dan highlight hidung. Ini parah banget nih, contouring saya kegelapan deh :( dan tips untuk contouring, bagian dalam dekat telinga lebih gelap dan semakin ke depan semakin terang. Aplikasikan contour pelan-pelan aja, brush nya melayang-melayang aja jangan terlalu ditekan. Setelah contour selesai, pakai blush di apple of the cheeks (senyum dulu ya). 

Baru deh makeup mata, eyeshadow dan eyeliner serta highlight di waterline bawah mata. Kemudian maskara dan bagian tersulit, BULUMATA! I gave up on it, like seriously. Saya menyerah pasang bulu mata daripada makeup saya habis terkenal lem. Teman sebelah saya pun nyerah dengan bulumata #tos! Yasudahlah, saya juga ga doyan pakai bulumata dan gamau juga, hehe #maapin deh. Acara ini sekaligus bukber, jadi sambil nyelesain makeup, sembari berbuka puasa (untung udah selesai muka nya). 
By the way, saya ga bikin foto before-after karena foto after nya ga kentara banget sama yang before (alias ga beda jauh), karena kamera hp nya agak kurang beres dan udah berantakan juga gara-gara keringetan. Kekurangan yang perlu saya pelajari adalah menutupi complexion (bekas jerawat yang membandel) dan bagian contouring yang natural tapi kelihatan (?) gimana tuh. Terus saya juga tipe yang gampang dan banyak keringatan, jadi tetap harus sedia tissue dan ingat untuk ga usrek-usrek wajah, tapi di tap-tap aja keringatnya. 

pesertanya sudah selesai makeup-an


Karena ga mungkin banget menang best makeup, jadi saya bagian nanya aja deh, dan Alhamdulillah dapat dua gift ini dari Wardah :*

Gift.Wardah EyeXpert eye makeup remover & Hydrogloss peach

Setelah penyerahan gift, foto-foto dan salam-salaman, langsung cus Magriban dan lanjut makan. Setelah kenyang, barulah saya menuju booth Wardah dan MakeOver!



Hasil tukar tambah voucher cukup dua produk saja (untung udah kenyang, jadi ga lapar mata). I bought Wardah EyeXpert Pen eyeliner dengan menambah 15ribu saja dan MakeOver Liquid Foundation (02 pink shade) 94ribu. I could say that I LOOVEE them both!! Nanti saya Insyaallah review berikut produk June Favorite lainnya. 

credit from Instagram @nurulpusparani (Peserta...beberapa banyak yang sudah pulang duluan..fyi saya yang jilbab navy di tengah atas)

Thank you for the event, Nurul Pusparani, Wardah, MakeOver, dan HomelandPhotography, sering-sering aja ada acara seperti ini atau sejenisnya yang bermanfaat dan positif bagi kita semua. Selamat Ramadan dan menuju Idul Fitri..:)

No comments:

Post a Comment